Astaxanthin: Antioksidan dan Anti-Aging yang Alami

Produk-produk anti-aging mulai beralih fokus dalam pengembangan produk baru, dari bahan aktif yang langsung menargetkan garis halus dan tanda penuaan lainnya, ke bahan aktif yang menawarkan lebih banyak manfaat untuk mencegah munculnya keriput seperti antioksidan dan juga perbaikan skin barrier. Trend perawatan kulit di tahun ini mencerminkan perubahan sikap konsumen, dimana generasi muda lebih memprioritaskan kesehatan kulit  dan pencegahan terjadinya aging daripada mengobati tanda-tanda penuaan yang terlihat.

Untuk mengatasi hal tersebut, antioksidan berfungsi untuk melindungi dan mendukung kulit dengan menetralkan radikal bebas untuk menunda penuaan kulit. Artikel ini akan membahas tentang antioksidan alami terkuat, astaxanthin, yang berasal dari mikroalga Haematococcus Pluvialis. Dikenal dengan komposisi kimianya yang unik, bahan ini merupakan bahan perawatan kulit yang baru muncul di antara banyak bahan perawatan kulit lainnya seperti vitamin A dan asam hyaluronate semakin populer di kalangan konsumen.

Daftar Isi

Apa itu Astaxanthin?

Astaxanthin adalah antioksidan alami yang termasuk dalam kelompok karotenoid, dan lebih tepatnya, xantofil. Karena efek antioksidannya yang luar biasa, astaxanthin dijuluki sebagai berlian merah penangkal radikal bebas, dan telah terbukti menangkal spesies oksigen reaktif (ROS) dengan jauh lebih efisien dibandingkan dengan antioksidan lainnya. Astaxanthin lebih efektif untuk menangkal radikal bebas berkat struktur molekulnya yang unik.

Beberapa organisme alami dapat menghasilkan astaxanthin, seperti bakteri, ganggang, dan ragi, tetapi konsentrasi tertinggi astaxanthin alami berasal dari mikroalga air tawar Haematococcus pluvialis

Manfaat Astaxanthin untuk Kulit

astaxanthin mechanism
Illustrasi Kinerja Astaxanthin di Lapisan Kulit

Sebagai bahan yang efektif untuk mengurangi efek negatif dari polusi pada kulit, astaxanthin telah terbukti dapat menangkal stres oksidatif yang disebabkan oleh polutan dari lingkungan. Hal ini menjadikannya sebagai bahan yang ideal untuk perawatan kulit anti-polusi, karena sifatnya yang dapat menembus jauh ke dalam lapisan kulit dan memberikan perlindungan jangka panjang terhadap efek buruk polutan bagi kulit. Terlebih lagi, astaxanthin bekerja di seluruh lapisan kulit, dari epidermis kulit hingga lapisan kulit terdalam. Bahan ini telah terbukti memiliki kadar antioksidan yang lebih tinggi dan efektif dibandingkan kebanyakan antioksidan yang beredar di pasaran seperti retinol, kolagen, vitamin C, dan vitamin E.

Selain sifatnya yang anti-polusi, astaxanthin juga berfungsi untuk meningkatkan elastisitas kulit dan mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan. Sehingga, astaxanthin menjadi bahan aktif tambahan untuk formulasi perawatan kulit anti-penuaan dini, serta produk perawatan kulit lainnya yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan kulit dan melindungi kulit wajah dan tubuh dari stress akibat polusi lingkungan.

Supplier Resmi Astaxanthin di Indonesia

PT. Maha Kimia Indonesia merupakan supplier resmi ASTACOS® OL50 di Indonesia, bahan aktif alami yang mengandung ≥ 5% astaxanthin, yang secara khusus dikembangkan untuk digunakan dalam formulasi kosmetik. Oleoresin yang kaya akan astaxanthin ini berasal dari mikroalga Haematococcus pluvialis dan terstandardisasi dengan minyak jojoba organik bersertifikat.

Uji Performa Astaxanthin ASTACOS® OL50

1. Efikasi Antioksidan yang Tinggi (In-vitro)

ASTACOS® OL50 dapat mengurangi stress oksidatif secara efektif dengan dosis yang tepat. 0.1% ASTACOS® OL50 teruji dapat mengurangi stress sebesar 93% pada sel (termasuk level stress intrinsik mencapai 99%)

2. Efek Anti-Aging (In-vivo)

ASTACOS® OL50 meningkatkan hidrasi kulit dan memperhalus kulit, uji in-vivo membuktikan bahwa hidrasi kulit meningkat sebanyak 24% dan tekstur kulit juga lebih halus 20% dari sebelum pemakaian.

3. Kemampuan Fotostabilitas yang Baik (In-vitro)

Uji in-vitro dilakukan untuk mengamati kemampuan fotostabilitas dari ASTACOS® OL50. Setelah 15 jam paparan radiasi sinar UV yang ekstrem, sampel kemudian dievaluasi sesuai ISO 105-A02. Hasilnya, ASTACOS® OL50 memberikan stabilitas warna yang paling baik dibandingkan dengan pewarna alami lainnya.

Sertifikasi Astaxanthin ASTACOS® OL50

cosmos approved
halal logo
natrue approved logo

ASTACOS® OL50 telah lolos sertifikasi COSMOS APPROVED, sebagai material yang sesuai dengan standard COSMOS

ASTACOS® OL50 merupakan bahan yang telah tersertifikasi HALAL sehingga aman untuk produk-produk HALAL

ASTACOS® OL50 adalah bahan natural dan sustainable, sesuai dengan standard yang ditetapkan oleh NATRUE

Konsultasi Terkait Astaxanthin dengan Spesialis Kami

Dapatkan FREE sampel dan juga panduan formulasi produk!

ARTIKEL TERKAIT