Kegunaan Natrium Dokusat di Berbagai Industri

Apa itu Natrium Dokusat?

natrium-dokusat-struktur-kimia
Struktur Kimia Natrium Dokusat

Synonyms: Docusate sodium Bis(2-ethylhexyl) sulfosuccinate sodium salt

Formula: C20H36O7SNa

Molecular weight: 444,56 g/mol

CAS-No.: 577-11-7

EC-No.: 209-406-4

Natrium dokusat (docusate sodium), atau disebut juga dioctyl sulfosuccinate sodium (DOSS), adalah bahan kimia yang umum digunakan pada berbagai produk konsumsi, terutama sebagai obat tetes telinga dan laksatif, karena sifatnya yang dapat melunakkan serumen di telinga. Akan tetapi, garam natrium dokusat ini sebenarnya memiliki aplikasi yang luas, mulai dari industri farmasi dan obat-obatan, makanan, personal care, agrikultur, dan masih banyak lainnya.

Karena kegunaannya yang luas, permintaan garam dokusat ini juga meningkat seiring bertumbuhnya industri. Bukan hanya di Asia, natrium dokusat juga dipakai di seluruh belahan dunia, dengan permintaan yang terus meningkat mulai dari tahun 2017. Berikut data-data market trend untuk bahan baku ini mulai dari 2017 hingga 2029 (prediksi).

market-tren-garam-natrium-dokusat
Trend Market untuk Garam Natrium Dokusat di Berbagai Daerah

Kegunaan Garam Natrium Dokusat

Pada industri farmasi

Natrium dokusat (docusate sodium) merupakan obat yang bersifat swamedikasi, dengan kata lain dapat diperjual belikan secara bebas. Obat ini mengandung zat aktif yang dapat melunakkan kotoran telinga, sehingga seringkali digunakan sebagai obat tetes telinga. Selain itu, natrium dokusat juga memiliki efek laksatif, sehingga dapat juga digunakan untuk mencegah dan mengobati sembelit dengan dosis tertentu.

Pada industri makanan

Pada industri makanan, natrium dokusat memiliki banyak kegunaan, antara lain sebagai surfaktan, stabilizer, pengental (thickener), humektan (wetting agent), solven, emulsifier, dispersan, dan lain lain. Sifatnya yang dapat menurunkan tegangan permukaan menjadikan natrium dokusat sangat cocok digunakan sebagai surfaktan anionik.  

Pada industri agrikultur

Pada industri pertanian dan agrikultur, garam natrium dokusat (docusate sodium) efektif untuk digunakan sebagai obat pembasmi hama (pestisida) untuk membasmi ulat daun pada tanaman. Sebagai pestisida, natrium dokusat umumnya digunakan pada tanaman zaitun, almond, anggur, jagung, dan jeruk. Bahan ini juga dapat meningkatkan komposisi agrochemical dari pupuk.

Pada industri lainnya

Natrium dokusat merupakan penetran dengan efisiensi tinggi, sehingga dapat digunakan untuk mengolah kapas, rami, viscose, dan produk campurannya. Kain yang telah diolah dapat langsung diwarnai atau diputihkan tanpa scouring. Sebagai tambahan, karakteristik natrium dokusat yang dapat menurunkan tegangan permukaan juga menjadikan bahan ini dapat dipakai sebagai bahan pembersih. Natrium dokusat terbukti ampuh dalam membersihkan bahan bahan berbasis petrokimia dari suatu permukaan. Selain itu, garam serbaguna ini juga dipakai dalam proses produksi cat dan pelapisan sebagai binder, emulsifier, thickener, agen disperse, dan lain-lain.

Aplikasi Natrium Dokusat Sebagai Bahan Baku

Natrium dokusat (docusate sodium), selain karena karakteristik dari bahan aktifnya, juga memiliki keunggulan-keunggulan yang membuat bahan ini cocok digunakan dalam berbagai industri. Kelebihan natrium dukosat sebagai bahan baku dijabarkan sebagai berikut:

  1. Mudah larut dalam air, sehingga cocok untuk berbagai aplikasi water-based
  2. Memiliki sifat wetting, emulsifying, dan foaming yang baik
  3. Penetrasi bahan ini cepat dan merata, lebih baik pada suhu dibawah 40 ⁰C

Selain kelebihan-kelebihan di atas, terdapat hal-hal yang harus diperhatikan ketika mengunakan natrium dukosat sebagai bahan baku, sebagai berikut:

  1. Tidak tahan terhadap asam kuat, basa kuat, garam logam berat, dan zat pereduksi
  2. Pencampuran dengan basa kuat tidak dapat dilakukan secara langsung, larutan basa kuat perlu diencerkan sebelum penambahan garam natrium dukosat.

Supplier Garam Natrium Dokusat

docusate-sodium-applications

Tertarik untuk mengetahui lebih lanjut mengenai aplikasi dan pengunaan natrium dukosat (docusate sodium) pada Industri Anda?

Kami menyediakan natrium dokusat berkualitas untuk aplikasi pada agrikultur.

Download TDS dan SDS Natrium Dokusat atau Dioctyl sulfosuccinate sodium salt (DOSS).

Ingin mengetahui lebih banyak terkait aplikasi natrium dokusat untuk agrikultur?

Ajukan konsultasi GRATIS dengan tenaga ahli kami terkait solusi yang tepat untuk permasalahan di Industri Anda!