Mengenal Pirosil: Bahan Anti Caking untuk Pakan Ternak

Dalam pemrosesan bahan berbentuk serbuk, penggumpalan ataupun caking seringkali menjadi salah satu masalah utama. Terbentuknya gumpalan dapat merubah sifat aliran dari suatu bahan sehingga menghambat proses transportasinya. Untuk mengatasi hal tersebut, dapat ditambahkan agent anti-caking atau anti kempal. Pelajari lebih lanjut mengenai Pirosil, anti kempal yang aman untuk dikonsumsi baik oleh manusia maupun hewan ternak, sehingga dapat diaplikasikan pada berbagai industri food ataupun feed!

Dalam Artikel ini

Mengenal Bahan Anti Kempal

Bahan Anti Kempal, Anti Gumpal, ataupun Anti-caking adalah bahan aditif pada makanan yang dapat mencegah terjadinya penggumpalan terutama pada bahan-bahan berbentuk serbuk, tepung, ataupun bubuk. Beberapa karakteristiknya yaitu mampu menyerap air ataupun kelembapan tanpa menjadi basah, mudah mengalir, dan berasal dari bahan anorganik alami.

Penambahan anti kempal atau anti-caking agent berfungsi untuk memperpanjang umur simpan bahan pangan, dan juga menjaga kualitas bahan pangan tersebut, dengan menyerap kelembapan dan air yang timbul selama proses penyimpanan ataupun transportasi dan distribusi.

Memperkenalkan Pirosil: Anti Caking Agent

Pirosil PS-300, anti kempal untuk feed
Gambar 1. Pirosil PS-300

Pirosil adalah bahan anti kempal/anti gumpal yang terbuat dari precipitated silica, dirancang khusus untuk bertindak sebagai agent free-flowing, anti caking, dan carrier pada berbagai proses di industri makanan, obat-obatan, perasa, pewangi, dan minyak atsiri.  Bahan ini memiliki kapasitas penyerapan yang tinggi serta ukuran partikel yang sangat halus (diperoleh melalui proses penggilingan), yang memungkinkannya kompatibel dengan berbagai macam produk, khususnya yang berbentuk bubuk.

Pirosil bekerja dengan cara melindungi permukaan partikel dari kelembapan, sehingga dapat menghindari terbentuknya gumpalan dan memungkinkan partikel mengalir bebas. Karena strukturnya yang berpori, Pirosil dapat menyerap cairan dalam jumlah besar tanpa mengakibatkan terjadinya gumpalan.

Aplikasi Pirosil Pada Berbagai Produk

Karena sifatnya yang aman untuk dikonsumsi baik oleh manusia maupun hewan, bahan anti kempal ini memiliki aplikasi yang luas, sebagai berikut:

1. Pirosil Sebagai Anti-Caking Untuk Makanan

Pada industri makanan dan minuman, Pirosil dapat diaplikasikan pada produk-produk seperti gula, garam, keju bubuk, bumbu-bumbu dapur bubuk, tepung, krimer, minuman serbuk instant, serbuk kopi, serbuk cocoa, dan masih banyak lagi.

2. Pirosil Sebagai Anti-Caking Untuk Feed

Pada industri feed untuk hewan, pirosil dapat menghambat terbentuknya gumpalan pada feed sehingga dapat didistribusikan dengan lebih merata. Selain itu, produk ini telah memenuhi standard Food Chemical Codex (FCC) dan Food and Drug Administration (FDA).

Kelebihan Pirosil Sebagai Anti Kempal untuk Feed

  • Kemurnian kimia yang tinggi memungkinkannya digunakan sebagai bahan tambahan makanan untuk konsumsi manusia maupun hewan.
  • Keputihan optik yang sangat baik.
  • Menyerap hingga tiga kali beratnya sendiri dan mempertahankan bentuk aslinya.
  • Proses produksinya menjamin produk bebas racun dan tidak mengubah nilai gizi makanan.
  • Menawarkan kompatibilitas yang baik dengan bahan lain.
  • Struktur amorf silika yang diendapkan dan natrium alumunium silikat sintetik, menjadikannya lebih aman untuk digunakan dibandingkan bentuk kristal bahari.
  • Meningkatkan sifat aliran bebas bubuk sehingga mudah dimanipulasi, diangkut, dan digunakan.
  • Penghematan biaya proses ataupun produksi.
  • Memenuhi standar industri feedmiil atau premix dan sertifikat keamanan pangan.

Sedang mencari bahan anti-caking yang aman dikonsumsi?

Diskusikan keperluanmu dengan teknikal kami yang berpengalaman, dan dapatkan informasi lebih lanjut mengenai Pirosil!

ARTIKEL TERKAIT